Berita

STIKES St. Paulus Ruteng Melaksanakan Misa Pembukaan Ajaran Baru Sekaligus Pemberkatan Ruang Kuliah Baru

Ket. Foto-Penyerahan bahan persembahan

STIKES St Paulus Ruteng mengadakan Misa Pembukaan tahun ajaran baru sekaligus pemberkatan ruangan kuliah baru, (Selasa 4/9/18) di aula baru STIKES St Paulus Ruteng.

Misa pembukaan dipimpin langsung oleh ketua STIKES St Paulus Ruteng, P. David Djerubu, SVD dan dihadiri oleh segenap civitas akademika STIKES St Paulus Ruteng.

Misa pembukaan tahun ajaran baru sekaligus pemberkatan ruangan kuliah baru dikoordinasi langsung oleh Puket III Theofilus Acai Ndorang, S.Fil.,M.Th.


Perayaan Ekaristi berlangsung dengan hikmat. Iringan lagu koor yang dibawakan oleh perwakilan mahasiswa membuat suasana perayaan Ekaristi menjadi anggun dan penuh hikmat.

P. David Djerubu, SVD mengambil tema homilinya tentang Kuasa Tuhan yang menguasai kegelapan Roh Jahat.

“Saya yakin hampir semua di Kampung kita memiliki kepercayaan terhadap setan. Setan juga ada dalam diri manusia. Setan hanya berusaha untuk mematikan iman kita. Ia bukan mematikan tubuh manusia secara utuh,” tegas Pater David

Lebih lanjut ia menambahkan, kita harus percaya kepada Tuhan bahwa hanya dalam Tuhan kita selalu dijaga.

“Setan itu ada dalam diri kita yang selalu menguasai mental kita. Contohnya mental kita dari rajin berubah jadi malas, kita menjadi tidak taat, tidak patuh, tidak bertanggungjawab,” lanjutnya.

Pada bagian lain ia mengutip St. Ignatius Loyola. Bagi St. Ignatius Loyola, setan merupakan musuh jiwa. Ia katakan bahwa kalau setan dilawan, maka ia menjadi lemah. Tetapi kalau kita biarkan, maka ia akan menjadi ganas dan lebih ganas. Karena itu, kita harus kuat supaya setan tidak menguasai diri kita.

“Setan juga ada dalam diri sesama kita. Baik teman, pacar, maupun orang yang kita hargai. Karena itu, jadilah pribadi yang integral. Pribadi yang tidak mudah dipengaruhi oleh kekhilafan jahat dan niat yang tidak baik”, tutupnya.

Sebagai penanggungjawab kegiatan misa pembukaan tahun ajaran baru sekaligus pemberkatan ruangan kuliah baru, Theofilus Acai Ndorang, S.Fil.,MTh, selaku puket III STIKES St Paulus Ruteng, mengucapkan terimakash kepada Pater ketua sekolah yang sudah menguatkan segenap civitas akademika STIKES St Paulus Ruteng dengan siraman rohani (Perayaan Ekaristi).

“Terimakash pula kepada mahasiswa yang telah mengambil bagian sebagai anggota koor dalam perayaan Ekaristi hari ini,” tutup Theofilus.

Sebelum pemberkatan penutup, Ketua sekolah memperkenalkan kepada segenap civitas akademika STIKES St Paulus Ruteng, bahwa bapak Dr. Mantovani Tapung, S.Fil.,MPd sebagai ketua senat STIKES St Paulus Ruteng dan sekretarisnya Ns. Lidwina D. Wea, S.Kep.,M.Kep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *