Berita

STIKES SANTU PAULUS RUTENG BANGUN KERJASAMA DENGAN PRODI MAGISTER ILMU KEBIDANAN UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR

Dalam rangka peningkatan mutu Tridharma Perguruan Tinggi, STIKES Santu Paulus Ruteng menyelenggarakan kerja sama dengan Program Studi Magister Kebidanan Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar.  Kerjasama ini dibuktikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada hari Sabtu (24/2/18) bertempat di Aula Keuskupan Ruteng. Proses penandatanganan Nota Kesepahaman ini diwakili oleh Ketua STIKES Santu Paulus Ruteng, P. David Djerubu, S.Fil.,MA dan Ketua Prodi Magister  Ilmu Kebidanan UNHAS Makassar, Prof.Dr.dr.Suryani As’ad,M.Sc.Sp.GK.

Turut hadir dalam penandatanganan MoU, Sekretaris Prodi Magister Kebidanan UNHAS, Dr. Mardiana Ahmad, S.SiT, M.Keb, Pembantu Ketua (PUKET) I STIKES Santu Paulus, Ns. Yohana Hepilita, S.Kep.,M.Kep, Para PUKET, para Ketua Prodi, para Dosen dan mahasiswa STIKES Santu Paulus, Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai dan Perwakilan IBI Kabupaten Manggarai.

Dalam Sambutannya, P. David menyampaikan rasa hormat dan terimakasih karena pihak UNHAS bersedia bekerjasama dengan STIKES Santu Paulus Ruteng. P. David Mengakui bahwa STIKES Santu Paulus merupakan Sekolah Tinggi yang sedang berkembang karena itu sangat membutuhkan kerjasama dan tuntunan dari Perguruan Tinggi atau Universitas yang sudah maju termasuk UNHAS sebagai salah  satu universitas  unggulan di Indonesia Timur.  Selanjutnya, terkait dengan inti kerjasama dalam hal ini penguatan bidang tridharma (Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat), P. David menegaskan bahwa STIKES Santu Paulus  akan siap mengutus dosen-dosen untuk melajutkan pendidikan di UNHAS. Sementara itu dalam bidang penelitian dan pengabdian akan siap untuk melakukan kolaborasi dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.

Menanggapi hal itu, Prof. Suryani mengapresiasi atas segala bentuk penerimaan dan kesediaan kerja sama dari pihak STIKES Santu Paulus. Beliau mengatakan bahwa STIKES Santu Paulus merupakan suatu aset penting dalam penanganan Kesehatan di wilayah Manggarai, karena itu mesti dikembangkan dan ditingkatkan semangat Tridharmanya. Prodi Magister Ilmu Kebidanan UNHAS akan siap membantu STIKES Santu Paulus dalam peningkatan Tridharma. Dalam kesempatan itu pula, Prof. Suryani juga menjelaskan sekilas tentang profil UNHAS yang sudah menunjukan bukti-bukti peningkatan tridharma Perguruan Tinggi.

Rangkaian acara Penandatanganan MoU diawali dengan Seminar Nasional yang dibawakan oleh Prof. Suryani dengan judul “Optimalisasi Peran STIKES santu Paulus dalam Implementasi 1000 Hari Pertama Kelahiran”. Seusai seminar dilanjutkan dengan sosialisasi singkat terkait Prodi Magister Ilmu Kebinanan UNHAS Oleh Prof Suryani dan Dr. Mardiana, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU oleh keduabelah pihak. Setelah penandatangan MoU, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Desa Binaan STIKES Santu Paulus di Desa Pocolikang, Kecamatan Ruteng (sekitar 5 km dari STIKES Santu Paulus). Kunjungan ini merupakan suatu bentuk implementasi perdana dari MoU khususnya bidang Pengabdian Mayarakat. (Theo Ndorang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *